Untuk Sukses Mendapatkan Lowongan Pekerjaan di Job Fair, Coba Lakukan 5 Hal Ini!!

f:id:jessicawij:20200202215652j:plain

Hai Leaders!

Pasti buat kamu yang baru lulus kuliah atau sedang mencari kerja Job Fair menjadi salah satu pilihan yang bisa ditempuh. Ada banyak perusahaan berpartisipasi dan tentunya sekaligus membuka lowongan pekerjaan di sana. Dalam kesempatan itu, tentu kamu ingin mendapatkan pekerjaan, bukan? Nah, sebelum kamu mendatangi Job Fair, ada baiknya kamu membaca tips-tips di bawah ini supaya kamu tidak sia-sia datang ke Job Fair.

Perhatikan penampilan kamu
Dibeberapa perusahaan, berpenampilan menarik atau good looking memang menjadi standar penerimaan karyawan baru. Apalagi jika perusahaan tersebut adalah perusahaan yang bergerak di sektor dagang, pariwisata, ataupun perhotelan. Tak jarang juga perusahaan yang langsung mengadakan test pada lokasi yang sama dengan job fair.

Oleh karena itu lebih baik lagi jika kamu mengamati penampilan kamu ya sebelum datang ke job fair. Jika kamu clueless tentang baju apa yang harus digunakan, kamu bisa mengikuti kursus Tata Cara Berpenampilan Pria & Wanita di elearn.id ya!

Bekali tubuh dengan nutrisi dan istirahat yang cukup
Nah, yang tak kalah penting, sebaiknya kamu berolahraga sebelum datang ke job fair. Sebagai contoh, jalan santai di pagi hari dan mencukupkan kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Sebaiknya juga menghindari makanan berlemak yang biasanya berefek gemuk dan memperlambat kinerja otak. Akan lebih baik jika mengonsumsi sayuran dan buah-buahan segar. Selain itu juga istirahat yang cukup, tujuh jam sehari. Dengan demikian, kamu pun lebih fit dan tak gampang kelelahan saat menghadiri job fair dan ready untuk mengikuti tes kerja yang akan segera diadakan.

Persiapkan segala hal sebelum wawancara
Tahap wawancara kerja memang menjadi momok dalam seleksi kerja, apalagi buat fresh graduate. Banyak pelamar kerja yang gagal saat melalui tahapan wawancara kerja. Jika ingin diterima kerja kamu harus mencari informasi tentang latar belakang perusahaan yang dibidik. Pahami motto, visi-misi, dan penjelasan mengenai posisi yang ingin kamu bidik. Sebisa mungkin kamu memberikan jawaban dengan lancar ya. Oh ya, mengapa interview ini juga penting? Karena ada beberapa perusahaan yang juga menerapkan sistem walk in interview pada saat job fair. So, siapkan diri kamu sebaik mungkin ya. elearn.id juga sudah menyiapkan kursus tentang interview yang bisa kamu ambil.

Buat CV semenarik mungkin
Buatlah CV atau Curriculum Vitae sejujur mungkin. Jika kamu pernah bekerja di pabrik roti selama empat tahun atau kuli bangunan dua tahun, tuliskan saja apa adanya. Sebaiknya juga tidak melebih-lebihkan. Selain jujur, buatlah CV sesingkat mungkin (disarankan 1 halaman saja). Yang jelas, sudah memuat identitas pribadimu, Pendidikan terakhir dan pengalaman di dunia kerja. Jika memang belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa mencantumkan pengalaman organisasi atau kegiatan social lain yang pernah kamu ikuti. Masih ragu apakah CV kamu sudah baik atau belum? Cek jawabannya di kurus elearn.id, Pejuang CV ya!

Bangun relasi sebanyak mungkin
Dalam acara job fair memang banyak lowongan kerja, tapi pasti dipenuhi para pencari kerja sepertimu. Untuk itu, bangunlah hubungan baik dengan mereka. Berusahalah akrab dengan mengajak bercanda untuk mengurangi ketegangan saat sesi wawancara. Tentu saja hal ini juga berguna untuk membantu kamu mengukur dan menilai rival kamu dalam mencari pekerjaan ini. Siapa tahu kalian bisa menjalin kerja sama dalam bentuk yang lain, bukan?

Nah, mendapatkan pekerjaan di job fair memang gampang-gampang susah ya. Tapi jika kamu sudah tahu kiat jitunya, kesempatanmu mendapatkan pekerjaan jadi lebih besar.

Selamat mencoba dan semoga suskses, ya!